Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Melalui Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMAN 2 Batang Anai

  • Putri Nadya Larasati Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: SETS, Motivasi, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sosiologi kelas XI. F. 3 SMAN 2 Batang Anai Padang Pariaman dengan pendekatan SETS. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori pembelajaran sosial yang berfokus pada sebagian besar pembelajaran manusia terjadi dalam sebuah lingkungan sosial dengan mengamati perilaku orang lain atau pemodelan (modeling). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas XI. F. 3 sebanyak 30 orang. Desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar sosiologi dengan pendekatan SETS. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar pada data observasi di setiap siklus yaitu siklus I sebesar 74,03% dan siklus II sebesar 82,90%. Sedangkan pada data angket terjadi peningkatan motivasi belajar di setiap siklus yaitu siklus I sebesar 69,76% dan siklus II sebesar 80,38%. Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan SETS dalam pembelajaran sosiologi mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI. F. 3 SMAN 2 Batang Anai Padang Pariaman.

References

Anggiyah, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada materi hidrokarbon. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Bandura, A. (1969). Social-Learning Theory of Identificatory Processes. Handbook of Socialization Theory and Research, 213, 262.

Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Hanum, F. (2011). Konsep, Materi dan Pembelajaran Sosiologi. Seminar Regional: Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Sosiologi.

Khusairi, A. (2013). Implementasi Pendekatan SETS Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Terhadap Minat Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang. Institiut Agama Islam Negeri Walisongo.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40.

Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Noer, M. U. (2022). Etos Kerja Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran. BallaSulo Teknoporie.

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 285–296. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.128

Saputra, J. (2010). Pendekatan SETS (Science Environment Technology And Society) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas XI di SMA Nasima Semarang. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudirman, S., & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1),

Tahir, A., & Cahayanti, E. R. (2023). Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Akademia Pustaka.

Tullah, R. (2020). Penerapan Teori Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 48–55.

Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 179–190.

Zahro, L. F. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Pendekatan SETS Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI MA Miftahul Ulum Weding. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Published
2025-03-06
How to Cite
Larasati, P. N., & Sylvia, I. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Melalui Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMAN 2 Batang Anai. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 66-73. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.275